Sabtu, 06 Oktober 2012

Rangkuman Kick Andy


KICK ANDY
Jum’at, 5 Oktober 2012
Pukul 21.30 WIB

            Dalam acar talk show kali ini kick andy membahas tentang langkanya kejujuran di Negara Indonesia ini. Langkanya kejujuran dicerminkan dengan menjamurnya korupsi di dalam pemerintahan, parlemen dan birokrasi. Dengan keprihatinan seperti itulah maka banyak tindakan yang dilakukan oleh masyarakat untuk melawan kejahatan korupsi. Berikut ini adalah tindakan dari masyarakat untuk melawan kejahatan korupsi yaitu :
1.      BASUKI SUGITA

Beliau adalah guru sekaligus kepala sekolah SMP KANISUS KUDUS. Dalam sekolah tersebut beliau meberikan pendidikan anti korupsi dengan melatih siswa/siswinya untuk menanamkan kejujuran didalam diri mereka. Beberapa cara yang dilakukan oleh bapak Basuki yaitu :

a.       Warung Kejujuran
Warung ini menjual berbagai alat tulis dan perlengkapan belajar lainnya. Uniknya warung tersebut tidak ada yang menjaga, hanya disediakan sebuah buku dan kotak kecil. Buku tersebut digunakan untuk mencatat barang yang dibeli, dan kotak kecil adalah tempat untuk pembayarannya. Warung ini diibaratkan Negara Indonesia, apabila para siswa tidak jujur maka warung tersebut akan bangkrut. Sama juga dengan Indonesia, apabila banyak orang yang tidak jujur dalam menjalankan pemerintahan maka Indonesia akan bangkrut juga.
b.      Telepon Kejujuran
Awalnya ide ini timbul dikarenakan ada salah satu siswa yang membawa handphone ke sekolah dan hendphone miliknya tersebut hilang. Dengan kejadian tersebut maka sekolah memberikan aturan bahwa seluruh siswa dilarang membawa handphone ke sekolah, apabila siswa ingin menggunakan hanphone dapat meminjam handphone yang disediakan sekolah. Sekolah menyediakan handphone GSM dan CDMA, siswa dapat meminjam namun harus membayar pulsa yang telah dipakainya. System transaksinya sama juga seperti warung kejujuran, mencatat di sebuah buku dan meletakkan uangnya disebuah kotak yang sudah disediakan.
c.       Ular tangga Kejujuran
Pada permainan ini ular tangga yang dimainkan memiliki gambar yang berbeda. Yaitu dengan ada gambar perampokan dan kejujuran, dimana apabila mendapati gambar kejahatan  maka akan turun kembali. Sebaliknya apabil mendapati gambar kebaikan akan naik ke tangga. Ini adalah salah satu usaha untuk merangsang dan terus mengingatkan tentang kejujuran, agar kejujuran tertanam dan melekat pada diri masing-masing siswa.

Pendidikan Anti Korupsi di SMP KANISIUS KUDUS ini dideklarasikan pada tanggal 19 Desember 2005 dengan motto “JUJUR, CERDAS DAN ANTI KORUPSI”.


2.      POM KEJUJURAN

            Cuplikan potret tindakan pendidikan korupsi dilakukan juga oleh Bapak Mukti Muraharjo yang bertempat tinggal di Kediri. Bapak Mukti menjual bensin eceran mulai dari harga Rp 1000-Rp 5000, ini untuk menyesuaikan kantong para pembelinya. Tidak seperti kebanyakan orang, menjual bensin ditunggu 24 jam. Bapak mukti bertindak sebaliknya bensin yang dijualnya tidak pernah ditunggu karena beliau juga harus menarik becak. Para pembeli mengambil bensin sendiri dan kemudian uang untuk membayar bensin tersebut diletakkan disebuah kaleng yang sudah disediakn Bapak Mukti. Pak Mukti hanya meninggalkan sepanduk yang bertuliskan “POM BENSIN 24 JAM, POM KEJUJURAN MENUJU SURGA”. Inilah tindakan mulia yang dilakukan Bapak Mukti untuk mengajarkan kejujuran kepada masyarakat, yang sekarang ini kejujuran adalah barang langka.

3.      GAME ANIMASI “RAID THE RATS”

Game animasi yang diciptakan oleh Fahma Waluya Romansyah ini adalah bentuk protes tindakan kejahatan korupsi yang sekarang ini marak terjadi dan sering dimuat di Media massa. Dalam game tersebut ada burung garuda dan tikus, garuda yang melambangkan penjaga Negara Indonesia dan tikus melambangkan sifat para koruptor yang suka mencuri yang bukan haknya. Dalam game ini tikus juga di tangkap dan dimasukkan kedalam penjara.
Dalam game ini memuat pesan untuk para koruptor bahwa tindakan korupsi itu akan mengakibatkan pelakunya akan masuk kedalam penjara. Apabila masuk penjara maka nasib keluargnya pun akan terkatung-katung.
Contoh kasus yang sedang hangat diberitakan adlah tipikor wismah atlet yang menyeret Angelina Sondakh. Mantan Putri Indonesia ini terlibat korupsi wismah atlet yng sekarang akan segera ditangkap. Namun pihak Angelina melakukan penangguhan penangkapan dengan alasan anak-anaknya yang butuh seorang ibu Karen ayahnya sudah meninggal. Terlibatnya Angelina dalam kasus ini sudah membuat keluarganya malu dan kecewa tentunya, setelah akan di tangkap barulah menangis dan memikirkan ank-anaknya. Harusnya dari awal sebelum korupsi harus difikirkn akibatnya jika dia ditangkap dan apa yang akan terjadi dengan ank-anaknya jika dia di tangkap.

4.      FILM LAYAR LEBAR
                        Beberapa film layar lebar dan film pendek yang di tujukan untuk melawan tindakan kejahatan korupsi yaitu :
-          KITA versus KORUPSI
-          SELAMAT SIANG RISAL
-          RUMAH KITA

Didalam film tersebut mengandung pesan moral yang dapat diambil. Menanamkn kejujuran didalah diri kita adalah langkah awal untuk merubah Negara bahkan Dunia menjadi bersih dari tindakan korupsi dan kejahatan lainnya.



PESAN DARI SURGA!!!

            Hancurnya Negara kita adalah dikarenakan langkanya kejujuran. Kejujuran di perjual belikan untuk mendapatkan tahta dan kekayaan. Selama ini tudingan dan hukuman selalu ditujukan kepada aparat pemerintah, parlemen, birokrasi. Hanya dengan memberantas mereka saja itu tidak cukup, tanpa dilakukan pendidikan kejujuran yang harus menjadi prinsip para generasi muda. Kita dapat memperbaiki Indonesia dengan menanmkan nilai-nilai kejujuran kepada anak-anak yang ada di playgroup, TK, SD.

Motto

“AJARKAN KEJUJURAN SEJAK BERADA DALAM RAHIM IBU”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar