Rabu, 17 Oktober 2012

Tugas Etika Bisnis

ANALISA ETIKA BISNIS DALAM PERIKLANA MOBIL NISSAN
Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada beberapa aturan dan etika yang harus ditaati untuk menjadi pembisnis dan pengusaha yang sukses dan memiliki norma yang bagus. Dalam hal ini saya melakukan analisa etika bisnis dengan objek periklanan mobil Nissan. Ada lima hal yang akan dianalisa yaitu :
1.      Otonom
Adalah sebuah kebebasan dalam berbisnis namun kebebasan tersebut harus diiringi dengan tanggung jawab.  Dalam produk mobil dari Nissan ini selalu memproduksi mobil yang bermacam-macam tipe dan selalu dibarengi dengan kemajuan teknologinya. Namun Nissan tetap bertanggung jawab atas kenyamanan dan keselamatan bagi konsumen atau pengendara mobil Nissan tersebut.

2.      Jujur
Jujur yang dimaksudkan adalah memberikan informasi yang jelas tentang produk atau jasa yang ditawarkan terhadap konsumen, baik kekurangannya maupun kelebihannya. Nissan memberikan informasi sangat lengkap di dalam brosur ataupun iklan yang dipasang di TV. Namun kekurangannya tidak dijelaskan didalam iklan tersebut. Produk mana pun akan selalu menjelaskan kelebihan produknya dan menutup kekurangannya.

3.      Adil
Adil adalah memberikan hak dan menjalankan kewajiban yang telah disepakati. Dalam pembelian mobil Nissan menurut saya sudah cukup adil, setiap konsumen yang akan membeli diberikan rincian pembelian secara kredit. Dalam rincian tersebut telah dicantumkan biaya pertama minimal yang disetor dan cicilan perbulan serta bunga yang harus ditanggung oleh konsumen.





4.      Saling menguntungkan
Saling menguntungkan adalah dari salah satu pihak tidak ada yang di rugikan. Contoh dalam pembelian mobil Nissan secara kredit untuk pihak konsumen mreka untung karena dapat dicicil perbulan. Untuk pihak Nissan dapat bunga dari pembayaran konsumen secara kredit perbulan.

5.      Integritas moral
Integritas moral adalah dari keempat etika di atas digabungkan menjadi satu etika yang harus dijalankan dalam berbisnis. Mobil Nissan sudah melakukan itu semua dianalisa melalui iklan yang dipasang di media cetak ataupun elektronik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar