Jumat, 26 Oktober 2012

Tugas Etika Bisnis


GOOD  CORPORATE GOVERNENC
(GCG)

A.  Pengertian Good Corporate Governenc (GCG)
Corporate governance adalah suatu proses dan struktur yang digunakan oleh suatu organ BUMN untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas perusahaan guna mewujudkan nilai Pemegang Saham dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholder lainnya, berlandaskan peraturan perundangan dan nilai-nilai etika. (Keputusan Menteri BUMN Nomor Kep-117/M-MBU/2002). SEK
 Good corporate governance juga merupakan sistem yang harus menjamin  terpenuhinya kewajiban perusahaan kepada shareholders dan seluruh stakeholders, dan harus mampu bekerjasama dengan stakeholders dalam mencapai tujuan perusahaan. Buruknya hubungan perusahaan dengan stakeholders dapat menimbulkan hambatan dan gangguan pada jalannya operasi perusahaan.

B.     Asas Good Corporate Governence

Adapun asas yang harus diperhatikan pelaksanaannya oleh perusahaan, instansi atau sebuah lembaga dalam GCG adalah :
1.      Transparasi
2.      Akuntabilitas
3.      Responsibilitas
4.      Independensi
5.      Kewajaran dan Kesetaraan




C.    Pengkajian GCG Dengan Melihat Kasus Dana PON Riau
Dalam kasus dana PON Riau yang menyeret gubernur Riau Rusli Zainal. Seperti yang dilansir  http://www.tempo.co/topik/masalah/2854/Korupsi-PON-Riau, adanya kasus suap yang terjadi di kasus ini. Seperti yang kita lihat dilapangan bahwa masih banyaknya kekurangan dalam persiapan PON tersebut. Lapangan yangkurang memadai dan yang sangat di monitor oleh public adalah stadion utama tergenang air apabila hujan turun. Tipikor adalah salah satu tindakan yang tidak sesuai dengan GCG yaitu tidak adanya transparasi, akuntable, responsibility, independent dan kewajiban.
1.      Transparasi
Dalam kasus ini tidak adanya transparasi anggaran dana yang digunakan dan dibutuhkan untuk mendanai PON Riau. Terbukti adanya suap menyuap antar pejabat tersebut.

2.      Akuntable
Dana yang telah dikucurkan dari pemerintah harusnya digunakan untuk membenahi sarana dan prasaran yang dibutuhkan untu even Akbar tersebut. Namun dana tersebut sudah dianggarkan anmun fasilita di lapangan sangat tidak memuaskan.

3.      Responsibelity
Pertanggung jawaban kepala daerah yang tidak mengelola dan dan kepercayaan dari Pemerintah pusat. Seharusnya bias melaksanakan dengan baik.

4.      Independent



Tidak ada komentar:

Posting Komentar